Gambar dan cara kerja Web Browser !

Penjelajah web (Inggris: web browser), disebut juga peramban, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.
Adapun beberapa istilah yang sering muncul pada saat kita menggunakan web browser adalah sebagai berikut :
Website
Halaman-halaman web saling terhubung dalam suatuwebsite
Homepage
Halaman awal ketika suatu situs dimunculkan, biasanya juga sebagai penghubung ke website-website yang lain
URL
Alamat unik pada suatu halaman web, yang sigunakan web server untuk mengirimkan halaman web tersebut ke komputer yang mengaksesnya
WWW
Kumpulan dari dokumen-dokumen elektronik yang kemudian disebut web, tiap dokumen tersebut dinamakan web page
Portal
Web yang menyediakan berbagai jenis layanan misal pencarian, olahraga, hiburan dsb

Terdapat beberapa macam web browser yang dapat kita pakai untuk menampilkan halaman-halaman website. Ada 3 jenis web browser yang sering dipakai adalah :
1.      Mozilla firefox
Web browser ini dibuat oleh Mozilla corporation. Firefox merupakan web open source yang dibuat dengan Gecko layout engine. Firefox didukung dengan sejumlah Add-ons yang dapat kita install secara terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan Add-ons tersebut.

2. Internet explorer
Web browser ini biasa dikenal dengan nama pendek IE . Tahun 1995 IE dikategorikan sebagai default software pada saat instalasi system operasi windows.

3. Safari
Web browser ini dikembangkan oleh perusahaan Apple yang pertama kali diluncurkan pada 7 Januari 2003.

4. Opera
Web browser yang dikembangkan oleh Opera Software Company. Opera mempunyai Opera Widgets yaitu sebuah aplikasi kecil yang dijalankan bersamaan dengan opera yang mempunyai kegunaan tertentu seperti pada firefox yaitu Add-ons.

5. Google chrome
Web browser ini dikembangkan oleh google yang menggunakan WebKit layout engine and application framework. Pertama kali diluncurkan pada 2 September 2008 sebagai versi beta untuk Microsoft Windows.
 
Contoh gambar cara kerja Web Browser !

Penjelasan untuk gambar cara kerja web diatas adalah:
      User atau pengguna yang akan mengakses suatu website berupa URL melalui Web Browser (yaitu media untuk menuju URL yang diakses), kemudian Web Browser tersebut mengirimkan permintaan atau request berupa http request kepada Web server  melalui layer-layer TCP/IP, kemudian Web server memberikan Web files yang di-request jika ada.
      Web files yang telah diberikan tadi tidak langsung ditampilkan/di-display begitusaja, namun Web server  memberikan respon kembali ke Web Browser  melalui http response  yang juga melalui layer-layer TCP/IP, yang kemudian baru di terima oleh Web Browser, dan kemudian dikirimkan kepada user berupa display.

0 komentar:

Posting Komentar