4. Bagaimana cara kerja Internet chat dan Instant Messaging ??

1.      Apa itu Internet chat dan Instant Messaging ??

Internet Relay Chat (IRC) adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi. Sedangkan Instant Messaging adalah sebuah teknologi Internet yang memungkinkan para pengguna dalam jaringan internet untuk mengirimkan pesan-pesan singkat secara langsung pada saat yang bersamaan (real time) dengan menggunakan teks kepada pengguna lainnya yang sedang terhubung ke jaringan yang sama.

Cara kerja Instant Messaging ??

Sebagian besarsoftware IM terdiri dari dua komponen: software server dan client. Sebagian program IM dapat dioperasikan melaluiweb browser, namun kebanyakan membutuhkan instalasi software client di PC. Sementara software server menyimpan direktori pengguna, dan bekerja sebagai perantara lalu-lintas komunikasi. Dengan kata lain, setiap karakter pada IM berjalan (route) melalui server. Server juga memiliki kemampuan untuk menyimpan dan mengirimkan pesan offline, yang dikirimkan kepada pengguna bila sedang tidak terkoneksi pada server IM. Ketika pengguna tersebutlogin, pesan yang tersimpan untuknya di server akan ditampilkan di jendela client IM. Server biasanya segera menghapus pesan tersebut, setelah dikirimkan kepada pengguna yang telah online. Pengguna yang sedang online dapat mengatur opsi statusnya, apakah akan dicatat dalam keadaan aktif pada direktori IM atau tetap dalam keadaan offline (invisible). Meski tercatat dalam keadaan offline, pengguna yang invisible tetap dapat mengirim dan menerima pesan. Pengguna juga biasanya dapat mengatur status lainnya, sepertibusy,do not disturb idle, dan lain-lain. Software client yang terinstal di PC di konfigurasi untuk melakukan koneksitertentukepadaserver. Identitaspenggunadimasukkan ke dalam software client saat akan melakukan koneksi. Server akan mengenali pengguna dari username yang unik, danpassword. Bila menggunakanPCbersama,hindari menyimpan username dan password pada software client. Saat koneksi berhasil,server akan mencatat pengguna dalam keadaan aktif (kecuali bila pengguna mengganti statusnya). Selanjutnya, status orang-orang yang tercatat dalam daftar kontak pun ditampilkan. Pada saat ini, pengguna sudah dapat mengirimkan dan menerima pesan melalui IM.
Transfer File dan Streaming Berbeda dengan file teks, jenis file lain yang dikirimkan melalui IM (misalnya dokumen, gambar, musik, dan lain-lain) biasanya tidak melalui server. Jadi, kedua pengguna yang akan bertransaksi terkoneksi langsung secarapeer-to-peer, dan keduanya harus dalam keadaan online. Bila salah satu koneksi terputus, proses pengiriman fi le otomatis dibatalkan, dan harus diulang dari awal. Selain mengirimkan pesan teks dan file, pengguna juga dapat mengirimkan dan menerima audio dan videostreaming. Pengiriman dan penerimaan audio streaming sama dengan prosesVoice over Internet Protocol (VoIP). Sedangkan pada pengiriman dan penerimaan video streaming, proses yang terjadi sama denganvideoconference menggunakan webcam. Baikaudiomaupunvideostreaming, keduanya ditransfer secara real-time antar-client sehingga server tidak menyimpan fille-file tersebut, meski lalu-lintas data tetap melalui server. Beberapa software IM memasukkan fungsionalitas tambahan yang me- mungkinkan beberapa pengguna ber- interaksi secara serentak. Fungsi ini biasanya disebut discussion atau meeting Keunggulan dan Kelemahan Di balik setiap keunggulan pasti terselip kelemahan. Kelemahan yang paling nyata dari IM adalah tidak tersimpannya data di server. Setiap data yang telah terkirim, baik data teks,fi le, maupun streaming, akan segera terhapus dari server. Hanya data teks saja yang bisa disimpan dalamlog komputer lokal. Selain itu, pengiriman data non- teks mengharuskan pihak-pihak yang sedang bertransaksi dalam keadaan online. Pengiriman data pun rentan mengalami kegagalan, bila salah satukoneks iInternet pengguna mengalami gangguan. Gangguan koneksi akan semakin besar, bila IM digunakan untuk bertransaksi data dengan banyak pengguna lainnya secara simulatan atau lalu-lintas data dalam keadaan sibuk. Jadi, bijak-bijaklah dalam memilih moduskomunikasi. Bilaingin mengirimkan data penting yang ingin didokumentasi, sebaiknya Anda menggunakan e-mail daripada IM. Sebaliknya, bila data yang dikirimkan membutuhkan respons yang cepat, dan tidak perlu didokumentasi, IM tetap jauh lebih unggul daripada e-mail.
Cara kerja Internet chat ??
Cara kerja Internet yang praktis dalam waktu singkat dapat mengirim data dalam berbagai format audio dan visual dengan harga pengiriman data yang tergolong sangat murah dibanding dengan media pengiriman data yang lain, membuat perkembanganya cukup pesat akhir-akhir ini.
Internet secara umum memang telah dikenal luas oleh masyarakat, namun bagaimana sebenarnya cara kerja jaringan Internet itu dalam hal mengirim dan mentransfer data dalam waktu yang singkat? Berikut adalah penjelasan sederhananya:
Sebuah komputer pengguna (client Computer) yang hendak dihubungkan ke jaringan Internet, pada awalnya harus terhubung kesebuah Server. Dengan adanya sebuah server yang mengatur akses dan mengirimkan data-data dari dan kedalam internet yang diminta oleh beberapa client server, sehingga komputer client dapat mengakses website, chating, email, dan lain sebagainya.
Penghubung antara Server dan Client Komputer untuk menterjemahkan beragam bahasa komputer disebut Protokol. Jika anda mengakses ebuah alamat misalnya http:// yang artinya adalah hyper text transfer protocol dan itu tandanya anda telah terhubung dengan jaringan komputer.
Kemudian untuk mengenal masing-masing jutaan Client Komputer di dunia internet, maka masing-masing komputer memiliki alamat Internet Protocol (IP) masing-masing. Alamat IP atau yang sering juga disebut IP Address akan memberikan informasi dari paket mana berasal dan akan ditujukan ke mana sebuah data.
Selain IP Address juga ada perangkat yang paling populer di dunia Internet, yaitu Web Browser. Agar Clinet Komputer yang anda gunakan dapat melihat informasi yang dikirim dari server, maka dibutuhkan perangkat internet Browser. Internet Browser yang paling terkenal sejauh ini adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan lain sebagainya.


0 komentar:

Posting Komentar